Ketua BPD PHRI Sumbar, Rina Pangeran memberikan kenang-kenangan kepada Eksekutif GM PT. Angkasa Pura BIM, Siswanto saat kegiatan pelatihan kepada driver bandara, Selasa (5/9/23). YESIHARIANHALUAN. ID – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar menggandeng PT. Angkasa Pura II dalam memberikan pelatihan kepada driver bandara.Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Sumbar, Rina Pangeran mengatakan sebanyak 30 an driver diberikan pelatihan tahap pertama, Selasa (5/9/23). “Total driver yang ikut pelatihan ada144 orang. Kemudian dibagi dalam 4 kelas. Per kelas berisi 30 an driver agar hasil pelatihannya lebih maksimal,” ucapnya.Driver bandara nantinya akan memperoleh materi dari trainer profesional terkait sikap saat menghadapi pelanggan menjaga kebersihan diri, menjaga kebersihan mobil, salam dan keramahtamahan. Pelatihan yang mengangkat tema service excellent ini bertujuan meningkatkan kunjungan, wisatawandan mengembangkan sektor pariwisata di Sumbar menjadi semakin baik lagi.Rina berharap dengan pelatihan ini, driver dapat memberikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu yang datang ke Sumbar. Pelatihan ini, sambungnya tidak hanya dilakukan sekali saja. Harapannya, ilmu dan kemampuan yang didapatkan driver bisa direfresh kembali dan tidak hilang begitu saja. Driver bandara yang sudah mengikuti kegiatan ini juga akan mendapatkan sertifikat nantinya. Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II BIM, Siswanto mengatakan pelayanan dari bandara termasuk driver merupakan cerminan bagaimana pariwisata Sumbar itu sendiri. Kesan pertama ada pada driver, karena yang setiap hari berhadapan dengan wisatwan adalah pelaku pariwisata di lapangan seperti driver,” ujarnya. Ia berpesan agar driver yang mengikuti pelatihan ini dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dan mengaplikasikannya saat bekerja. Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani mengatakan Pemprov Sumbar sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut.Ia juga mengajak driver bandara BIM untuk memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan di bandara. “Kita juga minta ke kawan-kawan operator dan driver dimaksimalkan kendaraannya agar bersih, wangi. Berkesan tamu-tamu, sehingga kalau wisatawan balik lagi ke Padang, driver yang disenanginya akan dikontak lagi,” ucapnya. (yes)